Sabtu, 27 April 2013

Komponen RLC

RESISTOR

Resistor adalah suatu komponen elektronikyanberfungsi untuk mengatur sertmenghambat listrik. Resistor diberi lambang R yang juga disebuWeerstand (dalam bahasa belanda).digunakan juga untuk membatasi jumla h arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari karbon. Satuan resistansi dari sebuah resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω. Tipe resistor umumnya berbentuk tabung dengan dua kaki tembaga di kiri dan di kanan. Pada badannya terdapat lingkaran membentuk gelang kode warna untuk memudahkan pemakai mengenali besar resistansi tanpa mengukur besarnya dengan alat ukur (contoh: ohm meter). Kode warna tersebut seperti ditunjukkan dibawah ini:




INDUKTOR

Sebuah induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry.
Induktor biasanya dilambang dengan L. Biasanya berbentuk lilitan, tapi juga memiliki berbagai jenis lainnya.

CAPASITOR



 
Kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus bayu,,, blog km bagus...

Posting Komentar